Tips Mengamankan Akun Online dari Hacker

[postlink]https://depokhamster.blogspot.com/2014/06/tips-mengamankan-akun-online-dari-hacker.html[/postlink]Pembobol sebuah sistem atau lebih mudah kita sebut dengan hacker adalah ancaman terbesar bagi siapa saja yang mempunyai aktivitas dunia maya. Baik aktivitas bekerja atau hanya sekedar bermain-main di dunia jejaring sosial. Sebagian besar dari kita, masih meremehkan kasus pembobolan akun yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka umumnya beraksi karena rasa penasaran menguji kemampuan yang dimilikinya hingga memang mempunyai maksud tertentu mengapa membobol akun orang lain.

Sebagai contoh saja yang baru-baru ini terjadi, ada hacker menghack akun Facebook seseorang. Pemilik akun tersebut awalnya biasa saja, mungkin yang ada dibenaknya menganggap bahwa si hacker itu tadi hanya iseng tanpa mempunyai tujuan apa-apa. Tapi ternyata ulah si hacker semakin menjurus ke arah penipuan. Ia secara random memilih teman dekat dari pemilik akun untuk dikirimi sebuah private message satu per satu. Isi dari pesan pribadinya adalah mendesak setiap orang untuk mengirimi korban hack tadi sejumlah pulsa. Tidak tanggung-tanggung, pembobol biasanya meminta pulsa atau uang minimal 100 ribu. Dengan segala tipu daya yang disampaikan lewat pesan pribadi, banyak teman dekat dari korban hack tanpa berpikir ulang mengirimkan pulsa dan uang sesuai dengan permintaan. Maklum, si pembobol sering mengaku bahwa korban hack tadi sedang mengalami kecelakaan.

Berdasarkan contoh kasus di atas, tentunya akan membuat anda semakin was-was mengelola akun online yang dimiliki. Seperti Facebook, Twitter, Email, login Website dan lain sebagainya. Terutama yang paling penting adalah akun dari email anda yang keamanannya harus berlapis. Untuk itulah anda patut mencegah pembobolan ini dengan metode yang sering kali dipandang sebelah mata oleh berbagai pengguna internet. Karena memang Tips Mengamankan Akun Online dari Hacker yang akan dibahas pada postingan terbilang sederhana namun sangat penting untuk diperhatikan. Silahkan simak tips-tipsnya di bawah ini :
  • Gunakan Password yang Kuat
Adalah suatu keharusan bagi kita untuk memakai kata sandi yang kuat disetiap akun-akun yang kita miliki. Tapi apakah ini memang benar-benar sudah anda lakukan ? Sepertinya tidak juga, karena kebanyakan dari kita hanya akan menggunakan kata sandi yang sederhana. Misal saja tanggal lahir, karena hanya dengan memakai tanggal lahir pemilik akan mengingatnya dengan mudah. Mulai sekarang, lebih baik hal sepele ini anda benahi. Segera ganti kata sandi anda dengan yang lebih kuat lagi. Masukkan beberapa kombinasi antara angka, huruf dan simbol. Pastikan password anda tidak mudah ditebak oleh orang lain atau orang terdekat.
  • Gunakan Password yang Berbeda
Banyaknya akun online yang dimiliki, membuat sebagain orang lebih memilih untuk memakai kata sandi yang sama di setiap akun onlinenya. Baik jejaring sosial, email maupun password untuk website/blog. Tentunya hal ini sangat berbahaya, terlebih jika akun-akun yang anda miliki itu sangat penting. Coba bayangkan, ketika ada salah satu akun anda yang sukses dibobol semisal Facebook. Apa yang akan terjadi selanjutnya ? Yang pasti semua akun yang anda miliki akan disikat habis oleh pembobol nakal. Dan yang paling menakutkan adalah ketika si pembobol sudah menguasai akun email anda. Maka dari itu, gunakan kata sandi yang berbeda di setiap akun online yang anda pegang.
  • Gunakan Aplikasi Pengelola Password
Sesudah menjalankan ke dua tips sebelumnya, anda yang mempunya banyak akun online akan dihadapkan lagi dengan masalah yang cukup rumit, yaitu pengelolaan password. Kata sandi yang sulit dihafalkan dan berbeda-beda dari satu akun dengan akun lainnya pasti membuat anda kebingungan. Tapi tenang saja, sekarang banyak sekali aplikasi-aplikasi gratisan yang memiliki kegunaan untuk mengelola password anda. Penulis menyarankan agar anda menggunakan software seperti Roboform atau LastPass. Ke dua aplikasi ini sangat pupuler dikalangan para netter.
  • Gunakan Double Email
Seorang pembobol, biasanya akan mengincar email utama dari suaru akun. Karena email utama ini sifatnya terbuka, tentu akan dengan gampang si pembobol membongkar login anda ke suatu akun. Untuk itulah, jangan pernah ragu untuk membuat email lebih dari satu. Yang satu jadikanlah email utama, sedang yang lain sembunyikan saja tanpa ada seorang pun yang mengetahuinya. Dengan mempraktekkan hal ini, anda akan bisa merecovery password suatu akun yang berhasil dibobol melalui email utama. Cukup memanfaatkan pilihan Lupa kata sandi yang pasti ada di setia forn login, anda bisa menguasai akun anda lewat email lain yang belum diketahui oleh orang lain, termasuk hacker itu tadi.

Tips sederhana di atas sering kali kita sepelekan. Padahal pengaruhnya sangat besar di akun-akun yang kita punyai. Tidak ada salahnya anda mempraktekkan langkah demi langkah di atas supaya akun online anda tetap aman, minimal susah untuk dibobol. Karena bagi penulis sendiri, sehebat dan sekuat pengamanan sebuah sistem, tetap saja ada celahnya untuk dimanfaatkan oleh para hacker. (hargadroid.com)

0 komentar:

Posting Komentar