Profil Anabas Sp. a.k.a BETOK

[postlink]https://depokhamster.blogspot.com/2014/01/profil-anabas-sp-aka-betok.html[/postlink]

Negara Asal: India, Sri Lanka, Asia Tenggara termasuk China selatan. Terjadi juga di perairan payau, tapi terutama mendiami sungai kecil padat tumbuh, sawah, dan kolam berlumpur. Ikan ini juga terjadi pada Celebes, Ambon dan Halmahera, meskipun tidak jelas apakah ini adalah habitat alam, atau bahwa mereka telah diperkenalkan oleh manusia di sana (Hoedemann, 1969).
Etimologi: Anabas (L.), The pendaki, testudineus (L.); Turtlelike
Sinonim: Anabas scandens, Amphiprion scansor, Amphiprion testudineus, Anabas elongatus, Anabas macrocephalus, Anabas microcephalus, Anabas spinosus, Anabas trifoliatus, Anabas variegatus, Anthias testudineus, Cojus Cobujius, Lutjanus scandens, Lutjanus Testudo, Perca scandens, Sparus scandens, Sparus testudineus.
Kelas: Actinopterygii (ray-bersirip ikan) Order: Perciformes Family: Anabantidae (Climbing gouramies)
Pertama impor Eropa: Jelas, Baensch dan Riehl (1982) melaporkan bahwa ikan itu sudah hadir di Kebun Binatang London pada tahun 1870.
Keterangan: ikan Slender dengan skala besar, duri keras pada tutup insang. Abu-abu coklat warna perak, dengan bintik gelap pada dasar sirip ekor. Beberapa merah dapat diamati di sirip.

Perawatan: The climbing perch harus disimpan dalam tangki yang lebih besar, yang baik tertutup (jumper akurat) dan dengan filtrasi baik karena ikan mencemari banyak. Ditanam daerah dengan tanaman hardy seperti Javafern atau Vallisneria, dan beberapa tanaman mengambang. Ikan kadang-kadang akan makan tanaman lembut. Ikan agresif dan pemalu, yang tidak cocok untuk tangki masyarakat rata. Ikan dapat disimpan bersama dengan cichlids kuat yang lebih besar. Richter melaporkan bahwa adalah bijaksana untuk menjaga ruang 10 cm antara air dan penutup, karena ikan melompat keluar dari air ketika permukaan untuk udara. Jenis ini sangat mudah beradaptasi, dan dapat disimpan dalam air, lembut, keras, alkali dan asam, bahkan dalam air payau.
Feeding: Semua makanan yang diambil, bahkan oatmeal Anabas testudineus adalah predator ganas, dan juga akan makan ikan lain jika mereka dapat menguasai mereka..
Ukuran: Sampai dengan 25 cm, namun di akuarium biasanya tidak lebih besar dari 16 cm.
pH: 6,0-8,5
Suhu: 20-30 derajat.
Breeding: Ikan akan bertelur di malam hari antara tanaman, dan telur menetas dalam 24-36 jam. Telur mengapung dan tidak ada pengasuhan telah dilaporkan, tetapi ikan tidak akan makan goreng. Menurunkan airtanah dalam tangki besar untuk 20cm, dikombinasikan dengan sering waterchanges dan makanan yang bervariasi (fish!) akan mendapatkan ikan untuk bertelur. Sampai 5000 telur mengambang, 0.6mm besar dapat diproduksi.








Dimorfisme seksual: Tidak adaAnabas testudineus bertengger climbing
Harga: Belanda, € 7, -
Tambahan: ikan ini disebut pendakian bertengger karena dapat berjalan accross tanah untuk menemukan habitat baru. Hal ini juga telah dilaporkan untuk memanjat pohon, tetapi Singer dijelaskan bahwa ini disebabkan oleh burung memancing menempatkan mangsa di pohon, sampai ikan mati, setelah itu dapat dengan aman dikonsumsi tanpa burung harus khawatir tentang duri tajam. Dalam sebuah acara baru-baru ini sifatnya bisa dilihat, dan burung yang digunakan cabang pendek spike ikan, setelah itu mulai mengkonsumsi ikan. Sebelum ini, Anda bisa melihat Perch Climbing merangkak melalui lumpur dari kolam renang hampir kering.
Axelrod (1974) melaporkan bentuk xanthoric, dan memiliki gambar yang bagus dari colormorph ini. Ikan yang mendalam kuning cerah. Tidak jelas apakah bentuk masih ada.
Ketika menangani dan menangkap ikan duri tajam harus dipertimbangkan. Ikan akan membela diri dengan hal itu, dan mereka menggunakan duri sangat baik (pengalaman pribadi, ouch). Jika terjaring mereka akan terjebak dalam jaring, dan Anda dapat merusak ikan. Jika ikan berhasil melarikan diri, jangan membatasi pencarian ke sekitar tangki, saya menemukan ikan yang merangkak lebih dari 10 meter di atas karpet.
Spesies sangat mirip lain telah digambarkan sebagai Anabas oligolepis, Bleeker, 1855. Spesies ini membedakan dirinya dari A. testudineus oleh bentuk tubuh yang lebih tinggi, dan tidak ada tempat di dasar sirip ekor.
Referensi gambar: Gambar 1: www, domain publik. Menggambar 1: www, domain publik.
Referensi: Singer, TA (1980): vissen Labyrint. Zuidgroep BV, Terbaik, Belanda. Baensch, HA, Riehl, R. (1982):. Aquarien Atlas I. Mergus Verlag, Melle, Jerman (klik pada link untuk membeli buku ini) Axelrod, HR (1974): Encyclopedia of Tropical Fishes. TFH Publications, kota Neptune, USA Richter, HJ (1979): Das Buch der Labyrinthfische. Verlag Neumann-Neudamm, Melsungen, Jerman.
Linke, H. (1980): Labyrinthfische - Farbe im Aquarium. Tetra Verlag, Melle, Jerman.
Hoedeman, JJ (1969): Aquariumvissen Encyclopedia 5. Elsevier Nederland BV, Amsterdam, Belanda.

0 komentar:

Posting Komentar